Sabtu, 24 Maret 2012

Sekilas DCL


       Bentuk – Bentuk Normalisasi
Normalisasi Pertama :  Solusinya hilangkan duplikasi dgn mencari ketergantungan parsial; menjadikan field-field menjadi tergantung pada satu atau bbrp field, bukan seluruhnya. Karena yang dapat dijadikan kunci adalah Project Number dan Employee Number, maka langkah kemudian dicari field-field mana yang tergantung pada Project Number dan mana yang tergantung pada Employee Number.

       Ada beberapa keanehan dalam data pada tabel di atas. Adanya kesalahan penulisan data pada kolom project name record ketiga. Kemungkinan kesalahan penulisan data semakin bertambah seiring bertambahnya record.

Normalisasi Kedua : Field-field yang tergantung pada satu field haruslah dipisah dengan tepat, misalnya Project Number menjelaskan Project Name dan Employee Number menjelaskan Employee Name, Rate Category dan Hourly Rate.  Untuk membuat hubungan antara dua tabel, dibuat suatu tabel yang berisi key-key dari tabel yang lain
       Pada tabel Project dapat dilihat bahwa Project Name hanya disimpan sekali.
Secara jelas bahwa pada tabel employee project tabel mengisi data yang berulang-ulang. Tapi paling tidak lebih efisien dan mengurangi resiko kesalahan dalam penulisan data yang panjang. 
Basis data di atas masih belum sempurna. Masih ada anomali pada data.

Normalisasi Ketiga : Pada tabel diatas msh tdp masalah, yi Employee Number 17 mendapatkan hourly rate yang tidak sesuai dengan rate category nya. Solusinya adlh kita harus mencari hub. transitif (transitive relation) dimana field non-key tergantung pd field non-key lainnya. Artinya kita harus memisahkan fielfd non-kunci Rate Category yg tadinya tergantung sec. parsial kepada field kunci Employee Number, utk menghilangkan anomali penulisan data pada field hourly rate.



       Tabel2 yg memenuhi kriteria normalisasi ke 3, sudah siap diimplementasikan. Sebenarnya masih ada lagi bentuk normalisasi yang lain, yi Normalisasi Boyce-Codd dan normalisasi keempat, hanya sj sangat jarang dipakai. Pada kebanyakan kasus, normalisasi hanya sampai ketiga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar